Welcome to OM! Official

Pengertian Seni Tari Menurut Para Tokoh

 
  1. Menurut La Mery tari ialah ekspresi yang berbentuk simbolis dalam wujud yang lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi bentuk yang nyata. 
  2. Menurut Kamala Devi Chattopadhyaya tari adalah suatu instinct atau desakan emosi didalam diri kita yang mendorong kita untuk mencari ekspresi pada tari. 
  3. Menurut Sussanne K Langer tari adalah gerak ekspresi manusia yang indah. Gerakannya dapat dinikmati melalui rasa ke dalam penghayatan ritme tertentu.
  4. Menurut Corry Hamstrong tari merupakan gerak yang diberi bentuk dalam ruang. 
  5. Menurut Suryodiningrat tari merupakan gerak dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan irama musik (gamelan) yang diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud tertentu.
  6. Menurut Judith Lynne Hanna tari adalah seni plastis dari gerak yang visual terlihat sepintas.
  7. Menurut Aristoteles tari adalah gerakan ritmis yang bertujuan untuk menghadirkan karakter manusia, sebagaimana mereka bertindak dan menderita.
  8. Menurut Suadarsa Pringgo Broto tari adalah ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.
  9. Menurut Jazuli irama musik sebagai pengiring dapat digunakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan pencipta tari melalui penari.
  10. Menurut Hawkins tari ialah ekspresi perasaan manusia yang diubah ke dalam imajinasi dalam bentuk media gerak sehingga gerak yang simbolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya.
  11. Menurut Soedarsono tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis.
  12. Menurut S. Humardani tari adalah ungkapan bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.
  13. Menurut K M A Theodora Retno Maruh  tari adalah suatu kesenian yang tidak akan pernah bersifat kontemporer, baik yang pernah terlupakan sekalipun.
  14. Menurut Drs. I Gede Ardika  tari adalah sesuatu yang bisa disatukan dalam berbagai hal hingga semua orang dapat menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut caranya masing-masing.
  15. Menurut Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay tari adalah bentuk seni yang ekspresionostis yang menjembatani reaksi jiwa seseorang dengan konflik dan problem dunia modern.
  16. Menurut C. Sachs seni tari adalah pengucapan jiwa manusia melalui gerak-geri berirama yang indah. Dalam kebudayaan melayu terdapat berbagai-bagai jenis tarian, sama ada tarian asli ataupun tarian yang telah dipengaruhi oleh unsur – unsur modern.
  17. Menurut Dr. J Verkuyl seni tari adalah gerak-gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian rupa, hingga berirama.
  18. Menurut Walter Sarrel seni tari adalah gerakan badan yang seimbang menurut irama tertentu dan dalam tempat tertentu.
  19. Menurut Ensiklopedia seni tari adalah setiap mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asal hal ini dilakukan dengan irama tertentu, ada yang diiringi musik dan ada yang tidak.
  20. Menurut Yulianti Parami seni tari adalah gerak-gerak ritmis sebagian atau seluruhnya dari tubuh yang terdiri dari pola individual atau kelompok yang disertai ekspresi atau ide-ide tertentu.
  21. Menurut Atik Sopandi S.Kar seni tari ialah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis dan melodi yang indah.
  22. Menurut John Martin tari adalah gerak sebagai pengalaman yang paling awal kehidupan manusia.
  23. imagesj.jpgFranz Boas menyatakan bahwa "tari adalah gerak-gerak  ritmis setup bagian tubuh, lambaian lengan, gerak dari torso atau kepala, atau gerak-gerak dari tungkai serta kaki.”
  24. Andre Levinson mengemukakan bahwa "tari adalah gerak tubuh yang berkesinambungan melewati ruang yang telah ditentukan sesuai dengan ritme tertentu serta mekanisme, yang radar"
  25. H'Doubler menyatakan bahwa" tari adalah ekspresi gerak ritmis dari keadaan-keadaan perasaan yang secara estetis dinilai, yang lambang-lambang geraknya dengan sadardirancang untuk kenikmatan serta kepuasan dari pengalaman-pengalaman ulang, ungkapan, berkomunikasi, melaksanakan, serta dari penciptaan bentuk-bentuk".
  26. Waterman mengungkapkan bahwa "tari terdiri dari gerak-gerak tubuh secara artistik yang secara kultural dipola serta distilasi".
  27. Kealiinomohoku, ahli antropologi tari menyatakan bahwa " tari adalah seni sesaat dari ekspresi yang dipertunjukkan dengan bentuk serta gaga tertentu lewat tubuh manusia yang bergerak di dalam ruang".
  28. C. Sachs telah memberikan definisi seni tari sebagai gerakan yang berirama. Seni tari adalah pengucapan jiwa manusia melalui gerak-geri berirama yang indah. Dalam kebudayaan melayu terdapat berbagai-bagai jenis tarian, sama ada tarian asli ataupun tarian yang telah dipengaruhi oleh unsure - unsur modern.
  • Pengertian Seni Tari Menurut Para Tokoh
  • Dishilda Fouristi
  • Kamis, 04 Oktober 2012
  • 4 komentar :
 

4 komentar :

  1. thanks for your information

    BalasHapus
  2. terima kasih, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak..

    BalasHapus
  4. tifany cantikawardani6 November 2014 10.30

    Terima Kasih

    BalasHapus

Makasih untuk komentarnya,ya kak ㋡